Saturday 2 January 2016

Resolusi Tahun Baru

Tahun baru, semangat baru. Setiap orang berkata dalam hatinya ingin menjadi seseorang yang lebih baik di tahun yang baru. Beberapa target tahun baru ditulis, sebagian juga di-publish. Januari, semangat menggapai target-target itu masih on fire. Seiring berjalannya waktu, semangat itu turun teratur, kadang malah seperti kurva logaritma natural yang terbalik. Desember, sebagian besar panik karena banyak target yang belum tercapai sebelum akhirnya pasrah, nggak ada harapan. Bahkan katanya, 88% resolusi tahun baru itu berakhir gagal. Tahun baru berikutnya, kaum optimis mengulangi kegiatan ini lagi, sedangkan kaum pesimis merasa tidak perlu melakukan apa yang disebutnya kebodohan awal tahun.

Sebenarnya, yang jadi masalah pada resolusi tahun baru adalah willpower, overestimation, dan absurdity. Menjadi tekun itu tidak mudah (setidaknya bagi saya), intinya tentang bagaimana harus menjaga semangat tahun baru itu selama 365 hari, perlu patience dan persistence. Keeping a resolution isn't a 100-yard dash. It's a marathon. Kedua, kesalahan umum yang sering tidak kita sadari adalah menilai kemampuan diri kita terlalu tinggi, let's say saya ingin memenuhi lima puluh target tahun baru di berbagai bidang kehidupan. Terdengar keren kan, tapi sebenarnya itu membuat kita tidak fokus! Ketiga, resolusi yang absurd (nggak jelas!) cenderung akan gagal. Resolusi yang absurd itu tidak punya batasan waktu dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencapainya. Singkatnya, resolusi yang absurd itu tidak SMART (specific, measurable, attainable, relevant, time-bound).



Saya termasuk seorang yang setiap tahun menulis target atau resolusi tahun baru, meskipun pada kenyataannya, sebagian resolusi tahun lalu gagal dicapai atau bahkan terlupakan sebelum waktunya. Menurut saya, membuat resolusi tahun baru itu adalah sesuatu hal yang menyenangkan, yang bisa memotivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi. Seandainya target itu belum tercapai, toh setidaknya kita akan sudah mengarah ke sana.

Selamat tahun baru 2016. Semoga resolusi, cita-cita dan impian kita tahun ini tercapai :)

Shoot for the moon. 
Even if you miss, you'll land among the stars.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kalau Komentar Jari Lu Dijaga Ya, Kali Aja Ada Jodoh lu Lewat disini, trus liat komentarlu kotor, jadi jodohnya pindah ke hati orang lain...