Friday 9 October 2015

Jadi Jomblo ? Lapopo

Pacaran : “SUMPAH ,baru ketemu udah kangen lagi!”
LDR : “SUMPAH ,pengen cepet ketemuan!”
Jomblo : “SUMPAH ,kalimat tadi menusuk hati banget!”

Pacaran : I love you sayang
LDR : I miss you sayang
Jomblo : I love Mie Sedaap

Pacaran : “yank ,nanti kita jadi jalan2 ya!”
LDR : “yank ,lagi apa? Dah bangun belom?”
Jomblo : “yank haus ,yank haus ,Aqua dingin dua rebu dua rebu” :(



Seketika rasa bete pun spontan muncul saat secara nggak sengaja gue ngebaca update-an status semacam yg diatas tadi di sosmed ,khususnya di Twitter .Secara gak sengaja tulisan tadi udah bener2 menjatohkan sekali martabat gue .Gue gak mau martabat gue jatoh .Gue pengen makan martabat .Gue pengen ngehabisinnya .Cos ,gue suka banget makan martabat ..Apalagi kalo martabatnya tuh martabat khas Bangka .Hmmm .. (itu martabak bukannya martabat keulesss -_-)

Dibeberapa sosmed lainnya juga hampir sama .Udah terlampau banyak beragam2 update-an status yg dibuat oleh beberapa oknum tak bertanggung jawab ,yg senantiasa hidupnya itu dinaungi do’a dari para kaum jombloers untuk lekas2 di mutilasi sama om Sumanto . Dan ,isi dari update-an status yg dibuat oleh oknum yg tak bertanggung jawab tadi itu kebanyakan menjelek2an ,ngebully ato yg lebih ekstrimnya lagi merendahkan kaum jombloers sejagat raya ini dan membanding2kannya dg truk gandeng!!


Yeah ..Bisa dimaklumi ,gue pribadi kalo pas jumpai update-an status yg semacam tadi nganggepnya sih nggak lebih cuma sekedar joke belaka ,dan nggak perlu digubrisinnya juga secara tajam setajam Silet Investigasi!
Lagian ,kebanyakan dari mereka yg mempublikasiin ke khalayak umum hal2 yg kayak tadi itu nggak ubahnya sekedar ngasih humor2 segar doank dg tujuan buat ngehibur si pembacanya .

Gue gak memungkiri ,cuma di Indo aja sini predikat jomblo itu jadi yg paling serba salah banget & selalu jadi bahan olok2an orang yg ada di sekitarnya .Jaga jarak dikira sombong ,jaga image dibilang sok cool ,jaga komplek dikira satpam :'(
Beda halnya sekali jika dibarat dan Somalia sana .Sekalipun belom pernah kesana & setau gue ,disana itu jomblo sangat dihormati sekali hak2nya .

Nggak  jarang juga ,pas lagi/ jadi jomblo gini pasti dikit banyaknya jadi ngerasa agak2 cemburu gitu kalo ngeliat temen ato nggak sodara yg pacaran trus hubungannya itu keliatannya mesra dan baik2 aja .Rasa cemburunya itu jadi malah mengarah ke angan2 buat ngedapetin pacar yg diidam2in .Tapi ,daripada sibuk berangan2 ,mending ngambil segi positifnya aja dari pengalaman hidup menjomblo guenya ini

1. Jadi jomblo itu bebas

Iyak bebas .Bebasnya itu dalam artian bebas berteman dg siapapun juga bebas melakukan hal apapun sesuka hati tanpa perlu adanya campur tangan dari seorang pacar yg mendiktenya.
Yaiyalah ..Pacar siapa lagi? kan gak punya pacar? Kan jomblo? :p
Beda halnya dg yg berpacaran .Ketika pacaran seringkali hidup kita itu jadi terkekang dg macam2nya perintah ato larangan sang pacar yg secara langsung dan nggaknya itu sangat membebani sekali kondisi psikis serta emosional kita juga yg belum tentunya dapat diketahui oleh si doi .
Status jomblo juga bisa bikin kita bebas bergaul dg banyak kalangan .Baik cewek maupun cowok .Termasuk sama para nenek2 endel sekalian .Dijamin deh ,nggak bakalan ada yg jealous ato nuntut hal aneh2 saat kita deket dg para nenek2 genit ini .

2. Jadi jomblo itu lebih sayang terhadap diri sendiri

Kalo disuruh intropeksi diri ,gue nyadar kehidupan gue itu masih agak2 ancur .Ancurnya mungkin ngalah2in ancur muka + poninya si Andika ex-Kangen Band .Atas dasar itu ,gue jadi komit buat ngerubah tatanan kehidupan gue yg sekarang ini tanpa perlu merhatiin juga kehidupannya orang lain diluar sana yg tujuannya udah pasti untuk jadi yg lebih baik dan semakin didepan lagi kayak produk buatannya YAMAHA ..Bukannya bersikap individual ,semata2 cuma kepengen berjalan memandang lurus ke depan aja tanpa usah memandang kesamping kanan-kiri yg kadang bisa menjatuhkan ,kadang juga bisa menghambat proses kita menuju jalan yg ingin kita capai didepan sana .
Gue nyoba fokusin diri buat ngewujudin cita2 yg sebelomnya pernah gue ceritain ditulisan gue yg ini sama yg ini .

Caranya?

Caranya selain dg usaha ,tawakal & berdoa ..Syahadat ,sholat ,puasa ,zakat ,pergi haji pun mutlak juga dilakuinnya bila perlu -_-

3. Jadi jomblo itu jadi punya banyak waktu sama temen

Biasanya kan kalo pacaran pasti banyak ngeluangin waktunya buat pacar ,pacar ,dan pacar .Nah waktu buat temen2nya mana coy?
Pas lagi kumpul2 bareng temen tiba2 pacar nelpon/ sms ngajak maen keluar ,kitanya abis itu ngejawab “gak bisa” .Pasti senjata andalan yg dikeluarinnya doi itu adalah “Kamu selalu gak ada waktu buat aku!!” .C*k banget deh ,kena Skak mat lagi kan tuh? Waduh jadi bingung ,ini mau pacaran ato mau maen catur? Pikir sendiri aja lah ,nanti juga bakalan Skak Mat .Wakakakak :D

4. Jadi jomblo itu jauh dari kata “Stres”

Pernah dulu waktu pacaran ngalamin stres sampek tingkatan Stadium Gelora Bung Karno .Jangan salah nganggep yaa ,penyebab stresnya waktu itu bukan karna bawaan dari jati diri (a.k.a kumat) melainkan stres karna keadaan .Emang bener ,sewaktu punya pacar bukan berarti hidup akan bahagia loh! Malahan sebaliknya ,yg ada jadi banyak masalah yg dateng bertubi2 & kadang perlu buru2 diseleseinnya juga .Contohnya masalah pacar marah ,cemburu ,nangis ,mewek ,minta ini-itu ,sampek masalah telat dateng bulan pun kadang sama kayak begitu #Ehh

5. Jadi jomblo itu jauh dari “Nyesek”

Woles aja jadi jomblo .Daripada punya pacar tapi nyesekan terus?! :D
Banyak kok ceritanya ada yg nyesek dimolai dari hal yg terkecil sampek yg terbesar .Macem2 ragamnya .Dimolai nyesek gegara sms ato chat-nya gak dibales ,nyesek gegara tau si pacar mention2an sama lawan jenisnya disosmed ,nyesek gegara dicuekin ,nyesek gegara dibanding2in ama mantanya si pacar ,sampek yg nyesek gegara ngeliat si pacar lagi boncengan/ jalan bareng berduaan sambil gandengan dengkul ama nenek2 korban keserempet gerobak sayur ..

6. Jadi jomblo itu lebih “Hemat”

Ada sebuah pepatah yg mengatakan begini “Hemat berarti pangkal kaya” .Nah ,seenggak2nya dg menjomblo ,hidup kita itu bisa jadi lebih hemat lagi ..Dibuat pembelajaran caranya buat jadi orang kaya juga bisa kok dan nggak perlu pusing2 mikirin caranya ngatur masalah keuangan antara buat kepentingan kita sendiri dan tentunya kepentingan hubungan asmara berdua ama pacar yg banyak macemnya .Nggak percaya? Bisa disimak deh!

Hemat waktu

Pas lagi ngopi ama temen2 ,ehhh malah diajakin doi buat nemenin sms-an .Pas lagi main PS ,ehhh doi ngeSms katanya lagi badmood dan minta dihibur .Pas lagi mau tidur ,ehhh malah diajakin telponan bareng doi .Nek wes ngunu aku kudu piye??
Mau buang nafas santai aja gak bisa .Mau buang kentut aja sama gak bisa juga .Sekarang pas jadi jomblo gini mah asik2 aja .Waktunya mau dipakek molor dari
maghrib sampek maghrib lagi juga gak bakal ada
yg gangguin ..

Hemat pulsa

Pulsa yg baru diisi sekarang gak memungkiri bisa abis dalam sekejap besoknya ,lusa ato dibeberapa harinya lagi .Dikarnakan komunikasi yg intens lewat perantara SMS ,voice mail ,chat dan kadang telepon fardhu a’in hukumnya dilakukan bagi insan yg berpasangan .Beda halnya dg yg jomblo .Sukur2 operator seluler yg dipakeknya itu masa aktifnya seumur hidup .Pulsa yg baru dibelinya sekarang kemungkinan bisa awet saldo pulsanya sampek abis dibeberapa abad kemudian .

Hemat air

Yang pacaran kalo mau ngedate mandi aja pake ritual .Mandi susulah ,mandi kembanglah ,berendem ,keramasan ,ngebilas badan nyampek berkali2 .Kan boros air banget
yah namanya?

Yang jomblo mah cukup sehari mandi sekali .Itu pun cuma 3 gayung air aja .Kalo keramas cukup sebulan sekali sampek2 abis keramas berat badannya turun 3 kilo karna ketombenya ilang!

Hemat parfum

Dikeseharian hidup gue ,gue bukanlah tipe orang yg modis ,metroseksual ,demen nyinyir atopun sebagainya .Dari jaman Paleolitikum dulu ,gue lebih enjoy aja dg tampilan yg biasa2 dg tampilan busana kaos yg kadang gue aplikasiin juga sama sarung dibawahnya .Tapi ,semuanya itu sirna sudah ditelan harimau kelaperan yg lagi mogok makan .Acap kali ritual apel pun tiba ,mendadak penampilan gue berubah .Dan tentunya lebih kece dari yg kayak biasanya .Dg tampilan seperti itu agar lebih memikat lagi dimata pacar ,gue pun gak lupa nyemprotin parfum disekujur badan .Nggak terkecuali lipetan ketek ama selangkangan pun gue semprotinnya parfum juga sampek kadang abis parfum 20 botol gannn!!!

Sebenernya yg ngebikin jadi hematnya itu adalah karna gue males makeknya aja .Makek parfum sendiri ,yg nyium bau parfumnya pun gue sendirinya juga .Yup ..Itu mungkin alesan guenya berbuat demikian #NyindirDiriSendiri

Hemat BBM

Sekarang bisa dibayangin ,harga perliternya BBM khususnya bensin udah mencapai diangka Rp. 7400/liternya .Lebih dari itu ,tunggangan kuda besi yg biasa gue pakek sehari2 adalah motor bebek tipe sport yg berkapasitaskan silinder mesin 135cc (Cylinder Cubic) .Ditambah lagi dg karburator yg bukan asli pabrikannya ,juga bandul crankshaft yg standart udah gue ganti yg lebih panjang lagi ukurannya .Beneran gak kebayang deh kalo seumpama si pacar ngajak gue jalan2 bareng muterin pulau Papua naek tunggangan gue yg boros ini ..Mau makan apa cobak gue nantinya? hah?!

Jadi jomblo itu gak ada kata manja2an

Keliatan terlalu sedih kah ungkapan diatas tadi? Ohoo tentu tidak beibeh ..Emang gak geli apa yak ngeliat orang pacaran gelendotan ,rangkulan ,gombal-gombalan : “papa kamu…………..” Ahhh gak perlu sama pacar juga kalik .Sama temen kan juga bisa ..Malah kadang gokilan kalo ngelakuin yg kayak begitunya itu ke temen .Dijamin pasti bakalan ngakak2 deh ..Yaa tapi khusus buat yang cewe aja sih yaa bisanya ..Kalo cowok sama temen cowok ,gak bisa ngebayangin deh ..Hih ,Jijay dwehhh pastinya kalo sampek kayak begitu .Rempong banget cyinn !

Well ,jadi jomblo itu nggak selamanya dikata orang ngenes .Malah gue bilang jadi jomblo itu emang bener2 asik .Tapi jangan sampai jomblo kita jadi kelamaan ,kadaluarsa ,karatan ..Karna ,fitrahnya manusia emang kudu nikah .Buat yg sakral satu ini ,kita kudu pinter nentuin waktu dan saat yg tepat ,trus sama orang yg tepat juga .Caranya juga harus pas ,nggak asal baru kenal trus langsung ngajak tidur .Ntar dikiranya malah keong racun lagi :p

Share:

6 comments:

  1. Hai jomblo?disini ya aku ulas komentarnya.ya yang pertama dari berbagai postingan mungkin aku paling suka sama postingan jomblo ini.postingan yg kamu muat kreatif sekreatifnya membuat aku ketawa ketawa sendiri.yang kedua gak ngebosenin alur alurnya.yg buat aku bertanya tanya ini ada keterkaitan sama kebiasaan sehari hari yaa?��kalau kekurangannya cuman dibagian karakter abjadnya hehe tapi udh sempurna kok,aku tunggu ya posting selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Juga Mblo :D , iya, ada kaitannya sama kehidupan sehari hari tapi "agak diubah" biar ga ketawan sehari harinya. Karakter dan abjad tergantung "mood" Nulisnya sih hehe.

      Delete
  2. Jomblo itu, ketika kebebasan datang tapi hati terasa dingin, hmm kenapa ya, mungkin karena tak ada perempuan yang menjadi penghangat ya, tapi, enggak cuma perempuan atau kaum hawa yang menjadi pasangan aja yang bisa menjadi penghangat hati, tapi kan, semua perermpuan yang di anggap temen, atau sahabat2 lain bisa juga jadi penghangat. hmm, lucu juga kalau pake kata penghangat, mungkin kita bisa bilang "Friendzone".. tapi, menurut pengalaman hidup, masuk kedalam Friendzone lebih baik dari pada pacaran lama2 eh ujungnya malah diputusin, sakit mana coba,, ya,, sekedar share aja gan,,,, entah w mau ngomong apa, tapi ngeliat tulisan ini w jadi pengen ngomong panjang lebar, omongan yang gak berdasar dan tak bertujuan,,,, ehh,, mungkin,, jadi jomblo gak selamanya enak kalau pernah pacaran, tapi kalau belum pernah pacaran, mending urusin yang penting dulu dah :v

    ReplyDelete
  3. Jomblo itu enak .. Hidupnya bebas.. tapi tidak selamanya jadi jomblo yak :v

    ReplyDelete
  4. pokok gak kebablasan jomblonya ha..ha..ha..

    ReplyDelete
  5. keren nih artikelnya, ngakak ane :D

    ReplyDelete

Kalau Komentar Jari Lu Dijaga Ya, Kali Aja Ada Jodoh lu Lewat disini, trus liat komentarlu kotor, jadi jodohnya pindah ke hati orang lain...